Tips Meningkatkan Visibilitas Penelitian di Jurnal Terindeks Scopus



Visibilitas penelitian merupakan parameter kunci keberhasilan setiap peneliti. Bagi seorang peneliti, tidak cukup hanya melakukan penelitian yang baik, tetapi juga penting untuk menyebarkannya secara efektif kepada pembaca yang lebih luas. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan visibilitas dalam penelitian. Meningkatkan visibilitas dalam penelitian akan meningkatkan peluang karya Bapak/Ibu untuk dikutip, didistribusikan, dan digunakan oleh orang lain. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan visibilitas dalam penelitian:

 

Pilih Jurnal yang Tepat 

Memilih jurnal yang mempunyai cakupan dan audiens yang relevan dengan bidang penelitian yang sedang dilaksanakan dengan cara memilih jurnal-jurnal yang terkenal dan diakui dalam komunitas ilmiah. Selanjutnya, pastikan jurnal yang dipilih terindeks di Scopus untuk memastikan visibilitas yang lebih luas.

 

Kualitas Penelitian yang Tinggi 

Pastikan topik penelitian yang dipilih mempunyai kualitas yang tinggi dengan desain yang kuat, metodologi yang tepat, dan analisis yang mendalam. Selain itu, usahakan untuk membuat kontribusi yang signifikan yang orisinal dalam bidang penelitian Bapak/Ibu.

 

Menyusun Abstrak yang Menarik 

Abstrak merupakan komponen pertama yang dilihat oleh pembaca dan peneliti potensial. Pastikan abstrak yang dibuat singkat, jelas, dan menarik. Sampaikan dengan jelas tujuan penelitian, metode yang digunakan, temuan utama, dan implikasi penting dari penelitian Bapak/Ibu.

 

Networking dalam Komunitas Penelitian 

Berpartisipasi lah dalam kegiatan konferensi, seminar, atau pertemuan ilmiah yang relevan dengan bidang penelitian Bapak/Ibu. Selanjutnya ajukan presentasi atau poster untuk memperkenalkan penelitian yang dilaksanakan kepada peneliti lain. Networking dengan peneliti lain dapat membantu meningkatkan visibilitas dan kerjasama penelitian.

 

Mengajukan Artikel ke Konferensi dan Jurnal 

Sertakan penelitian yang dilaksanakan dalam konferensi atau kumpulan artikel yang relevan dengan bidang penelitian Bapak/Ibu. Jika artikel sudah diterima dan dipresentasikan dalam konferensi, hal itu dapat berpotensi untuk meningkatkan visibilitas dan mendapatkan perhatian peneliti lainnya.

 

Menjadikannya Sebagai Artikel Populer dan/atau Digital

Artikel penelitian yang telah dipublikasikan, perlu untuk diringkas menjadi artikel populer yang bisa dijangkau oleh semua kalangan. Artikel populer tersebut menjadi pemantik untuk masuk ke artikel jurnal yang telah dipublikasikan. Selain itu artikel populer yang telah dibuat, bisa diringkas lagi dan dijadikan flyer untuk diposting di media sosial.

Posting Komentar

0 Komentar